About Us Anggota Pengetahuan Acara Galeri Others

Kami Siswa Menengah Kejuruan Negeri 1 Magelang yang cinta terhadap alam dan lingkungan hidup bertekad mempersatukan diri mempererat tali persaudaraan dalam arti yang luas. Kesatuan tersebut dituangkan dalam bentuk unit kegiatan Siswa Pecinta Alam yang diberi nama "STUPA"

Rabu, 16 Januari 2013

Pendidikan Lingkungan Hidup


Pendahuluan
Kelangsungan hidup manusia dan planet bumi kini menjadi keprihatinan manusia sedunia. Sumber-sumber alam dijarah kelewat batas. Persepsi seorang individu terhadap alam seringkali mempengaruhi tindakan-tindakannya. Imaji, yang merupakan citra manusia tentang alam, akan langsung berpengaruh pada perbuatan-perbuatan, kepercayaan, tingkah laku sosial, dan kehidupan pribadi manusia.  Maka, cara kita hidup sebenarnya merupakan cara pandang kita terhadap dunia (world view). “ kita telah menghancurkan dunia ini secara teori sebelum kita menghancurkannya secara praktek  “. 
 Dominasi pandangan humanisme-antroposentris memutlakkan manusia sebagai penguasa alam. Maka, bumi, alam, dan, lingkungan diperkosa atas nama hak-hak manusia. Bagi manusia alam telah menjadi pelacur (prostitute)  yang dimanfaatkan tanpa rasa kewajiban dan tanggung jawab terhadapnya.
Realitas terkini telah membalikkan keadaan. Optimisme dan arogansi manusia modern yang mengklaim mampu menundukkan dan menguasai alam, nyatanya kini harus bertekuk lutut dihadapan “kemarahan” alam dengan berbagai krisisnya – baik sebagai bencana alam, maupun bencana akibat ulah manusia (man made disasters) sendiri – seperti polusi udara, kebisingan, penipisan lapisan ozon, banjir bandang, dll. Hal ini seharusnya dapat menyentakkan kesadaran manusia bahwa alam mempunyai tatanan tersendiri.

PLH
Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) adalah  mengubah pandangan dan perilaku seseorang terhadap lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.
  Orang yang tadinya masa bodoh dengan lingkungan diharapkan berubah menjadi peduli dengan lingkungan. Orang yang tadinya hanya menjadi pemerhati pasif berubah menjadi pelaku aktif dalam upaya pelestarian lingkungan, dan diharapkan pula orang yang tadinya berperan dalam perusakan dapat berubah menjadi pelaku aktif dalam upaya pelestarian lingkungan.
LH
Lingkungan Hidup (LH) adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar